Sunday, 23 September 2012

Rantai dan Jaring-jaring Makanan

Perhatikanlah lingkungan di sekitarmu! Di alam selalu ada hubungan saling ketergantungan antar makhluk hidup, juga antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Salah satu bentuk hubungan saling ketergantungan tersebut adalah hubungan makan dan dimakan, yang disebut rantai makanan. Sebagai contoh, perhatikanlah gambar di bawah ini!

Sumber gambar:http: http//suryaafrilian.blogspot.com

Pada gambar di atas, terjadi peristiwa sebagi berikut :

  1. rumput dimakan oleh tikus
  2. tikus dimakan oleh ular
  3. ular dimakan oleh elang
  4. jika elang sudah mati akan membusuk dan diuraikan oleh bakteri.
Karena makhluk hidup makan untuk mendapatkan energi, maka sebenarnya rantai makanan adalah peristiwa perpindahan energi (makanan), dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup yang lain, dengan urutan tertentu.

Dapat juga disimpulkan bahwa rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan antara makhluk hidup dengan urutan tertentu.

Dalam peristiwa makan dan dimakan, ada makhluk hidup yang berperan sebagi produsen, konsumen tingkat I, konsumen tingkat II, konsumen tingkat III, juga ada organisme pengurai.

Konsumen adalah makhluk hidup yang membuat makanannya sendiri. Dalam setiap rantai makanan, yang selalu berperan sebagai produsen adalah tumbuhan, karena tumbuhan adalah organisme saprofit, yang dapat membentuk makanannya sendiri dari bahan-bahan anorganik, yakni melalui proses fotosintesis.

Konsumen tingkat I adalah makhluk hidup yang memakan tumbuhan ( memakan produsen ), pada contoh di atas, yang berperan sebagi konsumen tingkat I adalah tikus. Yang umumnya berperan sebagai konsumen tingkat I adalah makhluk hidup herbivora ( pemakan tumbuhan), atau makhluk hidup carnivora ( pemakan tumbuhan juga hewan ).

Konsumen tingkat II adalah makhluk hidup yang memakan konsumen tingkat I. Pada contoh di atas, hewan yang berperan sebagai konsumen tingkat II adalah ular, karena ular memakan tikus (konsumen tingkat I pada rantai makanan di atas). Yang dapat berperan sebagi konsumen tingkat II, adalah makhluk hidup carnivora, dan omnivora.

Dapatkah kamu menyimpulkan apa yang dimaksud dengan konsumen tingkat III ?
Ya. konsumen tingkat III adalah organisme yang memakan konsumen tingkat II.

Lalu apa itu organisme pengurai? Organisme pengurai adalah organisme yang menguraikan konsumen terakhir dalam rantai makanan yang telah mati, menjagi zat-zat an organik.


Beberapa organisme/makhluk hidup dapat menjadi konsumen tingkat II pada suatu rantai makanan, tapi dapat juga menjadi konsumen tingkat III pada rantai makanan yang lain. 

Suatu rantai makanan juga dapat berkaitan dengan rantai makanan yang lain. Kumpulan rantai makanan yang saling berkaitan menjadi satu disebut jaring-jaring makanan. Perhatikan contoh di bawah ini!

Jaring-jaring makanan

5 rantai makanan yang membentuk jaring-jaring makanan di atas adalah :

1.  sawi ---> tikus ---> elang
2.  sawi  ---> belalang  ---> katak ---> elang
3.  sawi  ---> belalang  ---> burung pipit ---> elang
4.  bunga sepatu ---> ulat ---> burung pipit ---> elang
5.  sawi  --->  ulat --->  burung pipit  ---> elang


Perhatikan juga video di bawah ini, untuk memperjelas pemahamanmu!



Referensi :
SUHARTANTI, Dwi
             Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MTs/oleh Dwi Suhartanti, IsnaniAziz Zulaikha, Yulinda Erma Suryani. — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.


SULISTYANTO, Heri
                  i Ilmu Pengetahuan Alam 4 untuk SD dan MI Kelas IV/Heri Sulistyanto, dan Edy Wiyono; editor Robin Ginting. – Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.


http://soerya.surabaya.go.id/AuP/e-DU.KONTEN/edukasi.net/SMA/Biologi/Aliran.Energi/materi03.html
http://ridwanaz.com/umum/biologi/pengertian-rantai-makanan-jenis-dan-contoh-rantai-makanan/
http://id.wikipedia.org/wiki/Rantai_makanan


3 comments:

  1. bagaimana caranya mendownload vidio

    ReplyDelete
  2. Klik kanan, copy link addres, masuk ke keepvid.com, paste link addresnya disitu, klik download

    ReplyDelete
  3. Terima kasiih, sangat membantu ^^

    ReplyDelete