Tuesday, 15 January 2013

Ciri Khusus Pada Tumbuhan


1. Teratai

Teratai merupakan salah satu jenis tanaman air, yang memiliki daun lebar dan mengambang di permukaan air yang tenang, tetapi akar dan batangnya yang berupa rizoma berada di dasar perairan(kolam,sungai, atau danau tempat hidupnya). Dalam bahasa Inggris, teratai sering disebut waterlily. Tahukah kamu? ada sekitar 50 jenis teratai di seluruh dunia lho....

Manfaat. 
Tanaman teratai menghasilkan bunga yang indah, sehingga banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Namun selain sebagai tanaman hias, teratai juga memiliki khasiat sebagai tanaman obat-obatan tradisional yang antara lain dapat mengobati penyakit, diare, disentri, keputihan, hipertensi, dll.

Beberapa ciri khas pada tumbuhan teratai antara lain :
  • Hidup di air
  • Memiliki daun bundar yang sangat lebar dan tipis
    Bentuk daun seperti ini membantu teratai agar dapat menyerap cahaya sebanyak-banyaknya, juga mempermudah terjadinya penguapan.
  • Terdapat rongga udara pada batang
    Batang teratai memiliki rongga-rongga udara yang membantu menyalurkan oksigen ke akar dan untuk membantu teratai tetap tegak dan mengapung di air.


2. Venus Flytrap ( perangkap venus)

http://www.tumblr.com
Venus Flytrap merupakan tumbuhan insectivora. Insektivora adalah sebutan untuk tumbuhan memperoleh nutrisi dengan mengkonsumsi serangga dan hewan kecil lainnya, seperti lalat, semut, laba-laba, hingga anak kodok.

Mengapa tumbuhan insektivora perlu mengkonsumsi hewan ? Bukankah semua tumbuhan hijau dapat melakukan fotosintesis untuk menghasilkan energi?
Seperti tanaman lain, Venus Flytrap juga memerlukan zat hara disamping air untuk proses fotosintesis, unsur-unsur tersebut antara lain adalah nitrogen, fosfor, dan karbon. 
Venus Flytrap ini pada umumnya tumbuh di daerah yang tanahnya miskin akan kandungan mineral dan bahan anorganik lainnya. Karena itu Venus Flytrap diberi kemampuan untuk mendapatkan unsur hara dengan cara lain, yakni dengan memangsa serangga.

Bagaimana Venus Flytrap menangkap mangsanya?

Pada setiap daun terdapat sepasang cuping berwarna merah mencorong atau hijau muda. Dari permukaan cuping menguar aroma nektar yang dapat mengundang serangga untuk hinggap .  Di bagian tepi terdapat bulu-bulu halus, menyerupai kelopak mata.  Rambut-rambut tersebut berfungsi sebagai sensor yang memicu aktivitas sel-sel pada pangkal cuping sehingga menutup dengan cepat. Jika serangga menyentuh bulu-bulu tadi, cuping akan mengatup sehingga serangga terjebak di dalamnya. Uniknya, mekanisme ini baru dapat bekerja pada sentuhan ke dua, pada sentuhan pertama, Venus Flytrap belum akan mengatupkan perangkapnya. Dengan mekanisme seperti ini, kemungkinan terbuangnya energi karena salah respon
Setelah berhasil memerangkap mangsanya, si mangsa akan dicerna dengan enzim yang dihasilkan kelenjar di permukaan cuping. Enzim tersebut mengurai tubuh sang mangsa menjadi protein yang nantinya diserap tanaman untuk pertumbuhan. Setelah 'makanan' benar-benar habis, cuping membuka dan kembali bersiap menjebak mangsa.

3. Kantong Semar

Sepertihalnya Venus Flytrap, kantung semar uga termasuk tumbuhan insektivora.

http://megalamath.blogspot.com
Habitat Kantong semar
Kantong semar hidup ditempat-tempat terbuka atau agak terlindung yang miskin unsur hara dan memiliki kelembaban udara cukup tinggi. Tanaman ini hidup di hutan hujan tropik dataran rendah, hutan pegunungan, hutan gambut, hutan kerangas, gunung kapur, dan padang savana.

Keunikan Kantong Semar
Keunikan yang dimiliki kantong semar terdapat pada kantongnya. Sebenarnya kantong tersebut adalah ujung daun yang berubah bentuk dan fungsinya menjadi perangkap serangga atau binatang kecil lainnya.

Saat masih muda, kantung pada kantung semar selalu tertutup, baru setelah dewasa, kantung ini terbuka. Bibir lubang kantung berwarna merah serta mampu menebarkan aroma manis. Warna bibir Kantong Semar yang merona serta beraroma manis itu akan memikat calon mangsa. Binatang yang terpikat akan tergelincir masuk ke dalam kantung antara yang licin. Cairan asam (enzim proteolase) yang berada dalam kantung tengah lalu mencerna tubuh mangsa itu. Setelah tubuh mangsa tersebut berubah menjadi garam Posphat dan nitrat yang kemudian diserap oleh kantong Semar.

Manfaat Kantong Semar
Beberapa manfaat tumbuhan ini diantaranya :
a. Sebagai Indikator Iklim
Jika pada suatu kawasan atau areal di tumbuhi oleh kantung semar, berarti tingkat curah hujan cukup tinggi, kelembabannya diatas 75% dan tanahnya miskin unsur hara.

b. Tumbuhan obat
Cairan dari kantong yang masih tertutup, dapat digunakan sebagai obat batuk.

c. Sumber Air Bagi Petualang
Air dalam kantong semar yang masih tertutup dapat diminum, karena PH-nya netral (6-7), tetapi  kantong yang terbuka sudah terkontaminasi dengan jasad serangga yang masuk kedalamnya dan rasanya menjadi masam.

d. Batang tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai tali.
e. Sebagai tanaman hias


4. Tumbuhan Embun Matahari

Drosera capensis
Drosera
www.wikipedia.org
Tumbuhan Embun Matahari atau Drosera Tumbuhan ini dapat ditemukan secara luas di setiap benua, kecuali Antartika.
Ciri khas tanaman ini memiliki kelenjar tentakel. Pada ujung tentakel terdapat titik-titik cairan lengket dan manis yang bergemerlap bila terkena sinar matahari untuk memancing serangga agar menghampirinya. Ketika serangga menempel pada tentakelnya, tanaman ini menggerakkan tentakel lainnya agar serangga itu lebih terperangkap. Kemudian, kelenjarnya akan mencerna serangga dan menyerap nutrisinya.

5. Kaktus


Pada umumnya tumbuhan ini hidup di gurun pasir yang kering dan tandus. Untuk dapat bertahan  hidup di lingkungan seperti ini, Tuhan memberi beberapa keistimewaan antara lain :
  • Memiliki daun yang berbentuk duri untuk mengurangi penguapan air.
  • Memiliki akar yang sangat panjang  agar dapat mauk jauh ke dalam tanah, sehingga dapat menyerap air sebanyak-banyaknya pada musim hujan.
  • Batang kaktus berfungsi untuk menyimpan air. Bentuknya menggembung dan dilapisi lapisan lilin, sehingga dapat menghambat terjadinya penguapan.


6. Bambu

Tanaman bambu termasuk dalam suku rumput-rumputan. Batang tanaman ini beruasruas dan berrongga. Bambu menahan larutnya tanah dari kikisan air sehingga mencegah terjadinya erosi. Tumbuhan ini juga dapat bertahan walaupun kekurangan air. Untuk bertahan hidup, bambu menggugurkan daunnya sampai kembali mendapatkan pasokan air yang cukup.

Beberapa manfaat tanaman bambu antara lain :

  • Rebung, tunas tanaman bambu dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan yang bernilai ekonomis tinggi.
  • Bahan untuk membuat berbagai peralatan rumah tangga
  • Bahan bangunan
  • Instrumen musik
    Di Indonesia, bambu sering digunanakan sebagai alat musik tradisional, seperti Angklung dan Seruling dari Sunda



Referensi :
http://anomalibio.blogspot.com/2011/01/venus-flytrap.html
http://alamendah.wordpress.com/2010/08/30/teratai-tanaman-air-dengan-bunga-mempesona/
http://id.wikipedia.org
http://iqvaaanggraini.blogspot.com/2012/11/venus-flytrap.html
http://ilmu-aldo.blogspot.com/2009/07/merawat-venus-flytrap.html
http://megalamath.blogspot.com

5 comments:

  1. woww gtu bnga jh punk meyeramkan lae

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh bahasanya..... tidak mudeng saya....

      Delete
  2. trims, sangat bermanfaat bagi kami.

    ReplyDelete
  3. sangat bermanfaat untuk mengerjakan tugas sekolah saya sehingga mendapat nilai bagus...........tumbuhaannya sangat langka dan membangakan guru saya trimssssss sangat

    ReplyDelete
  4. Trims ya informasinya. :)

    ReplyDelete